Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Total Tayangan Halaman

Blogroll

Selasa, 28 Januari 2014

Worksheet MS Excel


Sebuah file Excel akan terdiri dari Worksheet. Worksheet adalah lembar kerja MS Excel dan berada di dalam satu Workbook, berbentuk kolom-kolom dan baris. Di sinilah kita akan mulai bekerja dan menyimpan berbagai macam data dengan Microsoft Excel. Secara default, ketika kita membuka MS Excel akan terdapat tiga worksheet dalam setiap satu workbook dengan nama default “sheet1”, “sheet2”, dan “sheet3”. Kita dapat menambah atau mengurangi Worksheet sesuai dengan kebutuhan kita dan dapat juga kita mengubah nama dari Worksheet tersebut.

Mengedit Worksheet

Memilih Worksheet

Untuk mengaktifkan salah satu Worksheet yang akan digunakan untuk mengisi data, Anda cukup mengklik judul Worksheetnya. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut.
mengaktifkan sheet ms excel
Klik sheet dan aktiflah sheet tersebut.

Menambah Worksheet

menambah worksheet
Untuk menambahkan jumlah Worksheet cukup klik Insert new Worksheet yang terletak pada sisi kanan Sheet3. Atau dengan shorcut, tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.

Menghapus Worksheet

Untuk menghapus salah satu sheet, pilih atau aktifkan sheet yang akan dihapus lalu klik kanan pada nama sheet dan pilih menu delete
menghapus worksheet excel


Jika sheet yang akan dihapus telah berisi data-data, maka akan muncul pesan seperti ini.
peringatan penghapusan sheet ms excel

Klik delete untuk menlanjutkan penghapusan jika Anda benar-benar tidak membutuhkan data yang ada di dalam sheet tersebut. Secara permanen, sheet berikut data-data di dalamnya akan terhapus.

Mengubah Nama Sheet

Pilih sheet yang akan diubah namanya, klik kanan pada nama sheet, setelah drop menu muncul pilih rename. Isikan nama yang dikehendaki dan sesuai dengan data-data yang akan dibuat dalam sheet tersebut. Lihat gambar berikut.
mengubah nama sheet

Memindahkan Sheet

Sheet yang telah kita buat dapat kita geser/pindah ke kanan maupun ke kiri. Kita akan melakukan drag and move, klik lalu tahan sheet dan geser ke kanan atau kiri untuk memindahkannya. Tanpa gambar saya rasa Anda sudah paham betul untuk melakukannya.
Demikianlah beberapa dasar-dasar dalam melakukan pengaturan sheet di dalam Microsoft Office Excel. Penjelasan dari beberapa opsi lain di dalam drop menu yang muncul jika kita mengklik kanan pada sheet adalah sebagai berikut :
pilihan dalam drop menu sheet
View Code
Aplikasi bantuan dalam mencari beberapa kode atau rumus yang terdapat di dalam satu sheet.
Protect Sheet
Memblokir sheet agar tidak dapat diedit oleh orang lain dengan cara memberi pasword pada sheet yang dikehendaki.
Tab Color
Memberikan latar warna pada tab-tab sheet. Varian warna tersebut memiliki nilai gradient agar tampak lebih casual.
Hide
Menyembunyikan Sheet yang kita rasa berisi data yang rahasia. Mungkin lebih baik kita menggunakan Menu Protect Sheet.
Unhide
Kebalikan dari Hide.
Select All Sheets
Melakukan seleksi pada semua sheet, mungkin ini digunakan untuk mengcopy seleruh sheet beserta data-data di dalamnya.
Untuk menu-menu di atas mungkin sangat jarang kita gunakan, namun pasti tetap memiliki manfaat dalam menggunakan MS Excel.

Note

Mungkin akan terdapat update  yang berisi klarifikasi terhadap beberapa penjelasan tentang drop menu di atas.
Demikianlah sedikit paparan tentang Worksheet dalam MS Excel serta cara mengeditnya. Sampai jumpa dalam tutorial lainnya di panduan Microsoft Office.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates