Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Total Tayangan Halaman

Blogroll

Selasa, 28 Januari 2014

Apa itu Workbook dan Worksheet ?


Apa yang dimaksud dengan Workbook dan Worksheet di dalam Microsoft Excel ? Pertanyaan ini sering muncul di kalangan masayarakat awam yang hanya sekedar bisa membuat atau bekerja dengan aplikasi yang disediakan oleh Microsoft Office tanpa mengetahui secara terperinci definisi dan istilah dalam masing-masing aplikasi Microsoft Office Excel. Baiklah mari kita mulai dengan membahas satu per satu.

Workbook

Secara default, ketika kita sedang membuka lembar kerja MS Excel maka kita akan dihadapkan pada ribuan kotak dan baris. Itu adalah areal kerja dalam MS Excel, dan yang perlu kita pahami adalah Workbook adalah tempat Anda bekerja dengan MS Excel yang di dalamnya terdapat beberapa Worksheet. Anggap saja bahwa MS Excel adalah sebuah buku induk yang sangat besar dan mampu menampung kapasitas data yang sangat banyak. Workbook adalah Buku itu dan Worksheet adalah lembar/halaman-halaman yang terdapat di dalam buku. Kita juga bisa bekerja dengan dua Workbook secara langsung dalam satu jendela MS Excel dengan cara membuat Workbook yang baru.
  1. Klik Tab menu File (atau Logo Microsoft untuk basis 2007)
  2. Klik New > New > Blank and Recent > Create

membuat dokumen baru excel

dua dokumen dalam satu layar excel

Lihatlah akan ada dua tampilan lembar kerja dalam satu jendela MS Excel.

Menyimpan, Membuka, dan Menutup Workbook

Semua fungsi di atas juga tidak berbeda dengan cara membuka atau menyimpan di dalam MS Word. Yang berbeda hanyalah eksistensi dari file MS Excel yakni .xls untuk versi lama (2003 ke bawah) dan .xlsx untuk versi terbaru (2007-ke atas). Eksistensi file dengan format .xls dapat dibuka di versi mana saja, sedangkan untuk format .xlsx hanya bisa dibuka dengan versi 2007-2010 saja. jika Anda ingin agar file kerja MS Excel Anda bisa dibuka di mana saja maka simpanlah dengan format .xls dengan nama tambahan dalam file “compatibility mode”. Anda juga dapat mengubah eksistensi file ke berbagai mode yang disediakan dan caranya juga sama dengan Save As pada MS Word.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates