Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Total Tayangan Halaman

Blogroll

Selasa, 28 Januari 2014

Fungsi Copy, Cut, Paste, Redo dan Undo MS Word

Dokumen dalam Microsoft Word dapat kita edit kembali dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang berada pada Menu Ribbon dan Toolbar, atau dengan menggunakan beberapa command dalam menjelajahi dokumen. Setelah kita menemukan hal-hal, kata, paragraf atau pun objek yang akan diedit maka kita akan dihadapkan pada istilah yang cukup familiar yakni Copy, Paste, Cut, Redo serta Undo adalah bagian dalam editing untuk MS Word.
Masing-masing perintah dari kelima nama di atas memiliki fungsi tersendiri. Pada tutorial kali ini, saya mencoba membahas Fungsi dari Copy, Cut, Paste, Redo dan Undo dalam MS Word.

Fungsi Copy

Copy digunakan untuk menggandakan kata, paragraf, tabel, gambar, dan object apa pun.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
    menu copy
  1. Pilih saja (select) bagian dokumen yang akan digandakan, misalnya suatu kata atau gambar.
  2. Pilih perintah copy dengan salah satu dari berikut ini:
  • Pilih menu Home > Clipboard > Copy pada menu Ribbon.
  • Tekan kombinasi tombol CTRL+C pada keyboard.
  • Klik kanan bagian yang akan di-copy hingga muncul menu pop-up seperti gambar di samping dan pilih/klik menu Copy.





Kita bisa melakukan beberapa kali copy. Hasil copy ini akan disimpan oleh MS Word di Clipboard untuk digunakan pada kebutuhan selanjutnya.

Fungsi Cut

Cut digunakan untuk menghapus kata, kelompok kata, paragraf, tabel, gambar, dan object apapun untuk menempelkan objek tadi di tempat lain. Dengan kata lain, Cut digunakan untuk memindahkan object pada lembar dokumen MS Word.
Langkah-langkahnya mirip dengan cara meng-copy, namun untuk ikon/simbolnya menggunakan gambar gunting. Shortcutnya dengan menekan kombinasi tombol CTRL+X pada keyboard.
Kita bisa melakukan beberapa kali cut. Seperti copy, hasil cut ini akan disimpan oleh MS Word di Clipboard. Untuk menempelkan bagian yang di-cut ini di tempat lain digunakan perintah paste.

Fungsi Paste

Paste digunakan untuk menempelkan kata, kelompok kata, paragraf, tabel, gambar, dan object apapun hasil dari Copy atau Cut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Lakukan copy/cut terhadap suatu objek sesuai dengan langkah-langkah di atas tadi.
  2. Arahkan kursor ke tempat di mana objek yang telah di-copy/cut akan ditempelkan.
  3. Pilih perintah paste dengan salah satu dari berikut ini:
  • Pilih menu Home Clipboard  Paste.
  • Tekan kombinasi tombol Ctrl+V pada keyboard.
  • Klik kanan bagian yang akan di-copy hingga muncul menu pop-up seperti cara pada penjelasan copy/cut dan pilih/klik menu Paste.
kotak clipboardmenu clipboard ms wordPerintah paste di atas akan melakukan “penempelan” hasil copy atau cut  yang terakhir. Jika ingin mem-paste hasil copy/cut sebelumnya, kita harus terlebih dahulu memunculkan Clipboard.Clipboard terletak di menu tab Home sebelah kiri.



Klik kotak panah kecil di sisi kanan bawah menu tab clipboard, Jika kotak Clipboard sudah muncul (seperti gambar di sebelah kiri), lalu pilih item yang ingin di-paste. Anda dapat menyorot setiap clipboard untuk mengetahui isinya (dengan meletakkan pointer mouse ke atas salah satu clipboard).






Fungsi Undo dan Redo

Undo dan Redo ms word

Fungsi Undo

Undo adalah perintah untuk membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya.
Caranya adalah dengan salah satu sebagai berikut:
  • Menekan kunci kombinasi Ctrl+Z pada keyboard.
  • Pada menu toolbar terdapat ikon Undo yang digambarkan dengan rotasi 90 derajat ke kiri. Lihat gambar di atas.
multy undoPerintah undo ini bisa dilakukan secara berturut-turut (beberapa kali) sesuai dengan urutan pemberian perintah (misalkan akan membatalkan 10 perintah terakhir maka lakukan Ctrl+Z sepuluh kali). Ini disebut sebagai multiundo.
Kita dapat melakukan multiundo dengan cara mengeklik tanda panah di sebelah toolbar undo kemudian kita drag mouse ke bawah untuk meng-highlight action-action undo yang ingin kita lakukan. Dengan demikian kita dapat melakukan satu kali perintah untuk melakukan beberapa undo sekaligus.

Fungsi Redo

Redo adalah cara untuk mengulang sesuatu yang telah dibatalan sebelumnya.
Caranya adalah dengan salah satu sebagai berikut:
  • Menekan kunci kombinasi Ctrl+Y pada keyboard.
  • Di sebelah kanan toolbar undo terdapat ikon redo. Lihat gambar sebelumnya.
Seperti undo, perintah redo bisa dilakukan secara berturut-turut (beberapa kali) sesuai dengan urutan pemberian perintah (misalkan akan membatalkan 10 perintah terakhir maka lakukan Ctrl+Y sepuluh kali). Ini disebut sebagai multiredo.
Kita dapat melakukan multiredo dengan cara mengeklik tanda panah di sebelah toolbar redo kemudian kita drag mouse ke bawah untuk meng-highlight action-action redo yang ingin kita lakukan. Dengan demikian kita dapat melakukan satu kali perintah untuk melakukan beberapa redo sekaligus.
Demikianlah beberapa penjelasan tentang Fungsi dari Copy, Cut, Paste, Redo dan Undo.


2 komentar:

aruman mengatakan...

Terimakasih atas uraiannya untuk bahan pembelajaran , salam hormat aruman .

theron'zmaul mengatakan...

thanks...

Posting Komentar

 
Blogger Templates