Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Total Tayangan Halaman

Blogroll

Selasa, 28 Januari 2014

Menu dan Toolbar dalam MS Word


Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial-tutorial sebelumnya. Tutorial ini sudah masuk pada kategori setting dasar MS Word.
Apa yang dimaksud dengan Menu dan Toolbar di dalam Microsoft Word ? Toolbar adalah sekumpulan perintah/command yang ditampilkan di atas lembar kerja sebagai shortcut di dalam aplikasi MS Word untuk memudahkan kita melakukan pengeditan, format, dan lain-lain.
Secara default, Microsoft Word 2007 - 2010 akan menampilkan dua toolbar yakni standard dan formatting.
menu ms word
Perhatikan gambar Toolbar di atas, lingkaran merah adalah Toolbar standard dan kotak hitam untuk formatting. Toolbar Standard yang dimaksud adalah perintah yang biasa atau sering kita gunakan dalam lembar kerja Microsoft Word.
Toolbar formatting mungkin lebih familiar dengan nama Menu Home. Ini merupakan perubahan yang diterapkan Microsoft. Perubahan yang diterapkan dari MS Word 97-2003 ke MS Word 2007-2010 (dan terus berkembang) memberikan sebuah kemudahan yang tidak ditemukan pada edisi sebelumnya.
Menu ini juga dikenal dengan nama Menu Ribbon. Diberi nama ribbon karena menu toolbar ini memanjang dan seperti pita (ribbon). Dikutip dari blog jempot2-office
Untuk menyembunyikan, menambahakan, atau mengedit menu toolbar dapat dilakukan dengan cara :

Klik menu File atau Logo Microsoft pada MS Word 2007 > Options.

Setelah itu dialog box akan muncul seperti gambar di bawah dan pilih Quick Access Toolbar.
mengedit menu toolbar ms word
Kita dapat memilih command yang akan ditambah dan dikurangi pada Toolbar Microsfot Word. Pilih command yang dikehendaki di kotak sebelah kiri, lalu klik add > > yang berada di antara dua kotak besar. Sedangkan untuk menghapus command yang sudah ada pada toolbar dengan cara, klik command yang ada pada kotak sebelah kanan dan klik < < remove.
Sekian tulisan tentang cara mengedit dan mengenali Menu toolbar dalam MS Word, kritik dan saran sangat saya butuhkan. Silahkan tulis pada kolom komentar dan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates