Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Total Tayangan Halaman

Blogroll

Selasa, 28 Januari 2014

Fitur Filter Data MS Excel


Auto Filter adalah salah satu fasilitas untuk mengolah data-data dalam file MS Excel. Beberapa hari yang lalu, saya sudah membahas tentang cara mengurutkan data dari yang terkecil sampai terbesar. Dengan memadukan urutan data dan memfilternya, saya yakin Anda akan merasakan kemudahan bekerja dengan MS Excel.

Menu Filter ini lah yang akan digunakan untuk menampilkan data tertentu yang lebih spesifik. Sekarang buka kembali data base yang sudah Anda buat sebelumnya. Lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyaring data mana saja yang ingin ditampilkan.

Menyaring (Filter) Data

Blok range yang ada pada data base Excel Anda. Pada Menu Ribbon pilih Data Bagian Sort and Filter Filter. Akan muncul tanda segitiga kecil yang mengarah ke bawah .
auto filter ms excel
Panah-panah tersebut lah yang akan kita gunakan dalam menyaring data Excel yang akan ditampilkan.

Menerapkan AutoFilter

Sebagai contoh penerapan filter, saya ingin agar data yang tampil pada hanya karyawan dengan jabatan-jabatan tertentu saja yakni bagian Periklanan. Saya akan mengklik icon pada kolom “Jabatan” dan akan muncul drop menu pilihan jabatan-jabatan yang terdapat dalam data tersebut, lalu saya pilih “Periklanan” dan menghilangkan tanda check ✔ pada pilihan lainnya. Maka data yang muncul setelah disaring/filter adalah data yang di bagian jabatannya sebagai bagian Periklanan.
contoh filter excel
Untuk mengembalikannya agar semua data bisa muncul lagi kita cukup mengklik ikon panah tadi dan memilih opsi lalu mencentang pilihan “select all”.

Penerapan Custom Filter Excel

Bagaimana jika kita ingin menampilkan data-data yang lebih spesifik lagi ? Sebagai contoh, saya ingin menampilkan data karyawan yang masuk pada medio 2007 sampai 2009 saja. Maka langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengklik kembali ikon yang berada pada kolom “THN MASUK”.
costum filter excel
Pada bagian Number Filter, kita pilih opsi is greater than or equal to lalu memasukkan pilihan tahun yang tersedia. Karena tadi saya ingin menampilkan data karyawan yang masuk mulai 2007 sampai 2009 maka saya memilih pilihan 2007 dan lihat hasilnya :
contoh filter excel
Nah, data yang muncul adalah para karyawan yang masuk dari tahun 2007 sampai tahun 2009. Mungkin cukup sekian saja tutrorial tentang cara menampilkan data-data tertentu dengan memanfaatkan menu Filter dalam MS Excel. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.
Jika Artikel ini membantu Anda, tolong bantu saya menyebarkannya. Share is Care :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates