Mungkin sebagian teman2 udah pada jago dalam hal bongkar karbu (bongkar doang..pasangnya engga :P)Tapi gak ada salahnya gw kasih lagi... terutama hal hal yg luput diperhatikan oleh kita....mungkin berguna buat kita semuanya...
1. Semprot lobang di bagian
bawah reservoir carburetor dengan cairan carburetor cleaner spt DCS
sambil tuas pompa akselerator di tekan tekan (lihat gambar), supaya
kotoran yg ngumpet didalam lobang tsb bisa keluar. Lobang tsb adalah
tempat mengalirnya sebagian bahan bakar yg akan disemprot lewat pompa
akselerator. Biasanya suka pada kelupaan/gak pernah sama sekali utk
membersihkan lobang tsb, soalnya kalo lobang tsb mampet oleh kotoran
maka pompa akselerator akan berkurang supply nya dan efeknya tarikan
mesin akan jadi berat
.2. Setel kabel gas yg di Pompa Akselerator dengan cara diputar ulirnya kemudian dikencangkan dengan mur penguncinya. Ukuran yg benar adalah spt gambar di bawah ini :
Sedangkan yg dibawah ini adalah enggak tepat, krn pompa nya menjadi tidak maksimal menyemprotkan bensin akibat kabel gas nya terlalu kendor :
3. Pada waktu merakit kembali karburator hati hati karet penutup tuas pompa akselator jangan sampai terjepit celah diantara bagian bawah dan atas karbu. Kalo sampai terjepit akan mengakibatkan kebocoran pada karbu. Kalo bocor bensin jadi rembes, stasioner jadi gak rata, tarikan lemot, dan yg pasti boros bensin.
4. Sebelum memasang karbu di intake nya, sebaiknya jarum skep (valve throttle) dimasukan ke dalam lobangnya terlebih dulu. Tapi harus diperhatikan jangan sampai salah posisi yaitu skep nya harus masuk sempurna spt gambar dibawah ini :
Kalo posisi masuknya spt gambar dibawah ini
adalah
salah ! coba diputar putar skep sampai menemukan posisi spt gambar yg
diatas…Kejadian spt ini pernah dialami oleh bbrp teman kita …. Bahkan
salah satunya sampai kehilangan selera makan siangnya…huahuahua….
Setelah itu baru dikencangkan dengan cukup menggunakan tangan
Udah segini aja dulu, semoga bermanfaat !met ber ekperimen yak..heuhsuhuehuehsumber
0 komentar:
Posting Komentar