Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Total Tayangan Halaman

Blogroll

Sabtu, 01 Februari 2014

Lorenzo Makin Dewasa



Setelah menceburkan diri ke kolam di Sirkuit Jerez setelah menang di GP Spanyol, kali ini Jorge Lorenzo melakukan selebrasi duduk di depan giant screen setelah meraih kemenangan di GP Prancis, Ahad (23/5).
Kemenangan Lorenzo di Sirkuit Le Mans memang terasa istimewa. Le Mans sendiri adalah sirkuit yang bersahabat baginya karena musim lalu ia menang dengan margin hingga 17 detik. Menang beruntun, di Jerez dan Le Mans, adalah yang pertama baginya di kelas Motogp. Selain itu, bagi pabrikan yang dibelanya, Yamaha, kemenangan di tiga seri perdana sebuah musim adalah yang pertama sejak musim 1980.
Kunci sukses penampilan brilian yang ditunjukkannya di Jerez dan Le Mans adalah pendekatan yang diakuinya lebih dewasa yang dilakukannya di musim 2010 ini. Ia mengaku kini tampil lebih tenang dan fokus sehingga mampu meraih hasil yang bagus di semua seri. Ini ditunjukkan dengan sangat sempurna di mana ia tidak terburu-buru menyusul Valentino Rossi yang sejak awal memimpin lomba.
"Jika ini terjadi empat atau tiga tahun lalu, mungkin saya sudah melakukan banyak hal gila. Sekarang saya merasa sangat percaya diri dan sekarang saya bisa lebih kalem dan lebih baik saat di atas motor. Hari ini adalah buktinya. Saya berusaha sabar, saya paham Valentino akan menginjak rem sangat terlambat, jadi saya menunggu ia melakukan kesalahan. Ia tidak akan melakukan banyak kesalahan, jadi saya tunggu saja dan berusaha keluar tikungan sedekat mungkin dengannya. Saat saya berhasil, ternyata lebih mudah dari yang saya bayangkan," sebut Lorenzo di konferensi pers pasca lomba.
Lorenzo memang sempat berhasil menyusul Vale di lap 8. Tapi percobaan pertamanya itu berhasil digagalkan kembali oleh Vale yang kembali merebut posisi terdepan. Setelah itu, Lorenzo menunggu hingga dua lap sebelum kembali menyerang Vale. Kali ini Vale tidak bisa memberikan respon yang sama dan melepas Lorenzo meraih posisi terdepan. Setelah berada di posisi terdepan, pemegang nomor 99 itu tak tertahan untuk melaju dan meraih kemenangan.
Lorenzo pun kini memimpin sembilan angka dari Vale setelah musim 2010 menyelesaikan tiga seri awal. Bagi Lorenzo, di setiap musim, khususnya di Motogp, adalah sangat penting untuk selalu finis. Karena dengan finis, pembalap tidak akan kehilangan angka.
"Saya pikir peluang Casey Stoner mulai meredup. Di Motogp, sangat penting untuk tidak terjatuh dan finis di semua lomba. Casey sangat cepat dan agresif, tapi ia terjatuh dua kali dalam tiga seri. Tentunya ia perlu menang lebih banyak lomba untuk mengembalikan angka yang hilang. Untuk saat ini, saya dan Valentino punya daya tahan untuk hal tersebut untuk saat ini," katanya.
Hasil Lomba
GP Prancis

Pos  Rider             Team                 Time/Gap
 1.  Jorge Lorenzo     Yamaha             44m29.114s
 2.  Valentino Rossi   Yamaha               + 5.672s
 3.  Andrea Dovizioso  Honda                + 7.872s
 4.  Nicky Hayden      Ducati               + 9.346s
 5.  Dani Pedrosa      Honda               + 12.613s
 6.  Marco Melandri    Gresini Honda       + 21.918s
 7.  Randy de Puniet   LCR Honda           + 29.288s
 8.  Hector Barbera    Aspar Ducati        + 33.128s
 9.  Aleix Espargaro   Pramac Ducati       + 33.493s
10.  Marco Simoncelli  Gresini Honda       + 33.805s
11.  Hiroshi Aoyama    Interwetten Honda   + 34.346s
12.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha       + 37.123s
13.  Mika Kallio       Pramac Ducati       + 55.061s















TRIK MENGHEMAT BAHAN BAKAR



Semakin hari harga bahan bakar semakin naik, sementara kita tidak mungkin lepas dari yang namanya
transportasi, untuk itu kita harus pandai pandai dalam menggunakan kendaraan sehingga konsumsi bahan
bakar tidak menggerogoti kantong kita terus menerus dan bahan bakar tidak akan menjadi alasan
kita tidak menggunakan kendaraan.
Dengan alasan harganya yang makin mahal (sekarang 7700/liter), saya coba beberapa hal yang sepertinya bisa menghemat bbm, beberapa saya ambil dari buku manual Picanto dan lainnya dari internet. Ini diantaranya:
  • Tidak perlu memanaskan mesin terlalu lama, karena pada prinsipnya pemanasan mesin hanya dibutuhkan untuk mensirkulasikan minyak pelumas ke seluruh bagian mesin. Jadi dengan dinyalakan 10-20 detik sebelum digunakan sudah cukup , karena dalam waktu itu minyak sudah bersirkulasi dan panas mesin telah mencapai suhu kerja.
  • Jaga RPM optimum. Ada yang bilang RPM harus dibuat rendah, gunakan gigi setinggi mungkin. Ini asumsi yang kadang salah. Untuk kondisi dalam kota yang padat apalagi daerah yang banyak naik-turun, memaksa mobil dengan RPM rendah justru membuat konsumsi bbm lebih boros dan membebani mesin. Jadi jangan terlalu tinggi RPM-nya (“over-rev”) tapi juga jangan terlalu rendah (“lug”). Caranya? ya dengan perasaan. Ada yang bilang jaga di RPM max torque atau max HP/2. Saya coba ini dan memang nyaman. Picanto max torque-nya di 2800. Pada RPM ini pedal gas ringan ditekan dan kalau terpaksa agak mengerem, bisa kembali ke RPM ini lagi tanpa perlu tekan gas terlalu banyak. Pada RPM 2800, gigi 3, kecepatan Picanto sekitar 60kph; gigi 2 sekitar 40 kph. Jadi saya paling sering menggunakan gigi 2. –update 28 mei 08 — Dari artikel tentang pemenang lomba irit picanto, menurut dia RPM harus dijaga antara 2000 sd 2500 –
  • Kalau jalan turun, jangan terlalu banyak menggunakan rem. Saya sering melihat mobil yang saat jalan turun lampu rem-nya nyala terus. Untuk tip ini saya tidak begitu mengerti mengapa bisa membuat bensin boros. Tapi yang jelas pasti membuat rem cepat aus
  • Kalau ada kendaraan yang agresif di belakang, segera beri jalan. Kadang-kadang jika ini terjadi saya malah reflek menambah kecepatan (instinct mungkin?).  Daripada kejar-kejaran lebih baik mengalah, bensin irit, tekanan darah tidak naik
  • Nah yang lain sih nasehat standard: tekanan ban, menyetir jangan grasak-grusuk (harus smooth), kurangi beban mobil (lebih bagus dan sehat lagi kurangi berat badan penumpang dan sopir hehe), rawat mobil secara teratur (oli, spooring+balancing, air filter), jangan ngebut, persiapkan perjalanan.
Hasilnya lumayan, selama ini  1:10-12 untuk jalan non tol. Sepertinya bisa lebih bagus lagi setelah service 1000 km (ganti oli+dibersihkan). Lagipula kemarin ban saya terlalu kempes. stabil dikisaran 1:11.5 (non tol),  berikutnya sedang mencoba menjaga RPM dikisaran 2500 (30 kph atau 50 kph), AC dimatikan menjelang sampai ke tujuan atau kalau tidak terlalu panas. Soalnya harga pertamax sudah mencapai 9800! –
Dapat dikatakan biaya bbm saya tidak berubah dibandingkan Katana dulu yang menggunakan premium. Tapi bisa juga sih karena kondisi Katana-nya sudah parah sehingga super boros.
BTW hal yang paling susah dirubah adalah menyetir dengan halus. Sering timbul perasaan ingin cepat sampai. Saya ingat nasihat dari teman saya: “nyetir itu harus dinikmati”. Biasanya saya jadi menarik nafas panjang lalu menyalakan musik.. “ya kucoba

MOTOR STARTER

Sebuah motor bakar tidak dapat hidup dengan sendirinya, maka motor tersebut memerlukan tenaga dari luar untuk memutarkan poros engkol pertama kali (start) untuk membantu menghidupkannya. Sistem starter sebagai penggerak mula dapat digolongkan antara lain :
·         Starter tangan, digunakan pada motor-motor kecil atau genset kecil.
·         Starter kaki, digunakan pada sepeda motor.
·         Starter listrik, digunakan pada sepeda motor, mobil.
·         Starter udara tekan, digunakan pada motor-motor diesel berukuran besar.
Dari beberapa cara Start yang ada, umumnya dipergunakan stater listrik sebagai penggerak mula pada motor mobil. Motor starter harus dapat menghasilkan momen yang besar dari tenaga baterai.yang kecil,
Hal lain yang harus diperhatikan ialah bahwa Motor starter harus kecil, ringkas ,maka digunakan motor seri DC (arus searah). Penggunaan motor seri ini terutama karena motor tersebut dapat membangkitkan torsi awal yang besar sehingga dengan mudah mampu mengatasi hambatan yang timbul akibat gesekan bagian-bagian mekanisme motor, hambatan akibat tekanan kompresi dan hambatan karena belum berfungsinya sistem pelumasan pada saat start dingin.
Untuk dapat menghidupkan motor diperlukan putaran minimum yang cukup jika kebutuhan putaran minimum tidak tercapai maka motor akan gagal start (tidak dapat dihidupkan).
Secara umum putaran minimum yang diperlukan agar proses pembakaran dalam motor mobil dapat berlangsung adalah :
Motor bensin
Motor diesel injeksi langsung
Motor diesel injeksi tidak langsung
60-90 Rpm
80-120 Rpm
60-140 Rpm



Mengubah Pabas Knalpot Menjadi Energi Listrik



KOMPAS.com – General Motors dengan bantuan dana dari Pemerintah Amerika Serikat, kini gencarkan mengembangkan teknologi otomotif agar konsumsi bahan bakar makin efiensi. Salah satu teknologi yang masih dalam penelitian dan diharapkan bisa digunakan secara komersial adalah mengubah panas knalpot menjadi listrik.

Selanjutnya, energi tersebut bisa disimpan atau digunakan langsung buat mobil hibrida. Bahkan pada mobil yang masih menggunakan mesin konvensional atau motor bakar, langsung digunakan sebagai sumber tenaga untuk mengoperasikan audio, AC dan peralatan lainnya.



Saat ini panas mesin yang terbuang melalui knalpot dibiarkan begitu saja dan belum banyak dimanfaatkan. Cara yang dianggap paling praktis dan memungkinkan diproduksi secara komersial adalah mengubahnya menjadi energi listrik.

Metode yang dilakukan adalah menggunakan logam campuran (alloy) yang diberi nama “shape memory alloy” (SMA). Diharapkan, konsep ini segera menuju ke tahap prototipe yang bisa menghasilkan listrik.

Bagaimana logam tersebut bisa mengubah panas menjadi listrik? “Ketika SMA berbentuk kabel dipanaskan, terjadi pemuaian. Saat dingin (dinginkan dengan tiuapan udara), kekakuan kabel berkurang dan kembali ke bentuk semula,” jelas Jan Aase, Direktur Laboratorium Riset Pengembangan Kendaraan GM. “Selanjutnya gulungan kabel yang berubah-ubah secara fisik tersebut digunakan menggerakkan generator listrik dan dapat dimanfaatkan buat mengisi baterai,” tambah Jan.

Dijelaskan pula, tenaga listrik yang dihasilkan, bisa digunakan sebagai sumber penggerak mobil hibrida. Bahkan untuk mesin konvensional - motor bakar - digunakan sebagai pengganti alternator. Dengan demikian, untuk memperoleh listrik tidak perlu lagi membebankan tenaga yang dihasilkan mesin.

SETTING MESIN

SETTING MESIN
     Setting mesin memang sangat perlu dan wajib untuk dilakukan.Ini menjaga agar kondisi dan peforma suatu mesin dapat terjaga.
Berikut beberapa tips yang harus dilakukan khususnya motor:
  1. Bersihkan karburator & setel
  2. Periksa & bersihkan filter udara
  3. peroksa / ganti oli
  4. Periksa kondisi busi
  5. periksa / setel & lumasi rantai roda
  6. Periksa / setel rem depan , belakang
  7. periksa lampu-lampu & klakson
  8. periksa / tambahkan air accu
  9. setel & lumasi kabel gas
  10. Periksa & setel stang kemudi
  11. periksa kekencangan mur / baut
  12. Periksa kondisi ban
  13. setel klep
  14. Periksa & setel kopling
  15. Periksa radiator

Teknik Otomotif

Teknik otomotif adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk. Teknik otomotif menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, biologi dan manajemen.
Cabang-cabang dari teknik otomotif meliputi :
  • Perencanaan (product atau design)
  • Pengembangan (development)
  • Produksi (manufacturing)
  • Perawatan (maintenance)
Di Indonesia saat ini cabang yang sangat berkembang adalah perawatan dan umumnya mengenai perawatan mobil dan sepeda motor.

Sistem dalam otomotif

Dalam teknik otomotif, menguasai sistem-sistem yang ada alat-alat transportasi darat merupakan suatu keharusan. Sistem tersebut terdiri beberapa sistem utama dan puluhan subsistem. Sistem tersebut dapat dikelompokkan :
  1. Mesin (engine)
  2. Pemindah daya (power train).
  3. Sistem kemudi (steering system).
  4. Sistem suspensi (suspension system).
  5. Sistem rem (brake system).
  6. Bodi.
  7. Sistem listrik (electrical system).

Cara Menyetel Platina Mobil Jadul


Kesetiaan menggunakan sistem pengapian konvensional pada mobil sering terjadi pada orang-orang yang belum percaya pada sistem elektronik terutama mereka yang demen banget ama ilmu katon alias konvensional platina yang mudah di stel berulang kali, walau padahal kalau sudah menggunakan sistem pengapian elektronik cukup sekali stel untuk selamanya(jangka waktu yang panjang.

Sekarang sambil ngopi iseng2 nulis cara menyetel Platina mobil mungkin ada yang lagi browsing dan membutuhkan cara penyetelan platina, dan tentunya untuk global/semua jenis kendaraan.

Langkah-langkah penyetelan platina yakni:

1. Top kan mesin silinder 1.

Buka cop delco dan Cara memposisikan top mesin bisa di baca di Cara Mengetahui Top mesin (TDC=Top Dead Center).

2. Posisikan platina pada nok puncak(Nok Delko).

Biasanya saat top posisi ebonit/kaki platina belum mencapai puncak nok delko, jadi tambah putaran mesin untuk mencapai posisi puncak nok delko.

3. Kendorkan Baut pengikat platina.

Pengendoran baut platina jangan terlalu kendor, cukup setengah putaran atau sperempat putaran saja.

4. Stel platina sesuai spesifikasi mobil.

Pergunakan obeng minus untuk menyetel platina, tiap2 delko sudah dilengkapi tempat untuk menyetel celah platina(berupa nok/coakan), (stel dengan celah 0.45mm).

5. Finishing.

Kencangkan baut platina dan pasang kembali cop delco

6. Stel saat pengapian menggunakan Timing Light.

Penyetelan Saat pengapian penting untuk mencapai hasil maksimal tuneup mesin.
 
Blogger Templates