Sebuah file Excel akan terdiri dari Worksheet. Worksheet adalah lembar kerja MS Excel dan berada di dalam satu Workbook, berbentuk kolom-kolom dan baris.
Di sinilah kita akan mulai bekerja dan menyimpan berbagai macam data
dengan Microsoft Excel. Secara default, ketika kita membuka MS Excel
akan terdapat tiga worksheet dalam setiap satu workbook dengan nama default “sheet1”, “sheet2”, dan “sheet3”.
Kita dapat menambah atau mengurangi Worksheet sesuai dengan kebutuhan
kita dan dapat juga kita mengubah nama dari Worksheet tersebut.
Mengedit Worksheet
Memilih Worksheet
Untuk mengaktifkan salah satu Worksheet yang akan digunakan untuk
mengisi data, Anda cukup mengklik judul Worksheetnya. Sebagai contoh
perhatikan gambar berikut.
Klik sheet dan aktiflah sheet tersebut. |
Menambah Worksheet
Untuk menambahkan jumlah Worksheet cukup klik Insert new Worksheet yang terletak pada sisi kanan Sheet3. Atau dengan shorcut, tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
Menghapus Worksheet
Untuk menghapus salah satu sheet, pilih atau aktifkan sheet yang akan dihapus lalu klik kanan pada nama sheet dan pilih menu delete
Jika sheet yang akan dihapus telah berisi data-data, maka akan muncul pesan seperti ini.
Klik delete untuk menlanjutkan penghapusan jika Anda benar-benar tidak
membutuhkan data yang ada di dalam sheet tersebut. Secara permanen,
sheet berikut data-data di dalamnya akan terhapus.
Mengubah Nama Sheet
Pilih sheet yang akan diubah namanya, klik kanan pada nama sheet, setelah drop menu muncul pilih rename. Isikan nama yang dikehendaki dan sesuai dengan data-data yang akan dibuat dalam sheet tersebut. Lihat gambar berikut.
Memindahkan Sheet
Sheet yang telah kita buat dapat kita geser/pindah ke kanan maupun ke
kiri. Kita akan melakukan drag and move, klik lalu tahan sheet dan geser
ke kanan atau kiri untuk memindahkannya. Tanpa gambar saya rasa Anda
sudah paham betul untuk melakukannya.
Demikianlah beberapa dasar-dasar dalam melakukan pengaturan sheet di
dalam Microsoft Office Excel. Penjelasan dari beberapa opsi lain di
dalam drop menu yang muncul jika kita mengklik kanan pada sheet adalah sebagai berikut :
View CodeAplikasi bantuan dalam mencari beberapa kode atau rumus yang terdapat di dalam satu sheet.Protect SheetMemblokir sheet agar tidak dapat diedit oleh orang lain dengan cara memberi pasword pada sheet yang dikehendaki.Tab ColorMemberikan latar warna pada tab-tab sheet. Varian warna tersebut memiliki nilai gradient agar tampak lebih casual.HideMenyembunyikan Sheet yang kita rasa berisi data yang rahasia. Mungkin lebih baik kita menggunakan Menu Protect Sheet.UnhideKebalikan dari Hide.Select All Sheets
Melakukan seleksi pada semua sheet, mungkin ini digunakan untuk mengcopy seleruh sheet beserta data-data di dalamnya.
Untuk menu-menu di atas mungkin sangat jarang kita gunakan, namun pasti tetap memiliki manfaat dalam menggunakan MS Excel.
Note
Mungkin akan terdapat update yang berisi klarifikasi terhadap beberapa penjelasan tentang drop menu di atas.
Demikianlah sedikit paparan tentang Worksheet dalam MS Excel serta cara mengeditnya. Sampai jumpa dalam tutorial lainnya di panduan Microsoft Office.
0 komentar:
Posting Komentar