Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Total Tayangan Halaman

Blogroll

Sabtu, 01 Februari 2014

9 TEKNOLOGI OTOMOTIF TERBARU

Teknologi di industri permobilan mengalami perkembangan pesat. Berbagai inovasi dihadirkan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, hingga menciptakan pengendaraan yang lebih berkualitas. Berbicara teknologi, banyak yang dimulai dari mimpi. Misalkan saja dulu tidak pernah terpikir mobil dapat parkir sendiri atau antar-kendaraan bisa 'berkomunikasi' untuk menghindari kecelakaan. Tapi, sekarang semuanya sudah terwujud, bahkan  hingga ke teknologi yang memungkinkan pengereman dilakukan secara otomatis, ketika berhadapan dengan kendaraan lain. Semua teknologi itu tentunya membuat mobil semakin bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan.
M. Lulut

Parkir Pintar (Active Park Assist)
Lexus termasuk perusahaan yang pertama kali mengaplikasikan teknologi parkir pintar ini. Terakhir, Ford Motor Company (FMC) mengenalkan Active Park Assist yang akan diaplikasi pada Lincoln MKS sedan dan MKT crossover. Teknologi ini menggunakan sistem sensor ultrasonic dan electric power assisted steering (EPAS) untuk memposisikan secara otomatis kendaraan, dengan cara mengkalkulasi dan mengoptimalkan sudut lingkar kemudi saat melakukan parkir paralel.

Pengemudi cukup menekan tombol Active Park Assist dan mobil bisa secara cepat, mudah, dan aman memarkir kendaraan tanpa perlu menyentuh lingkar kemudi. Tampilan visual atau audio akan memberitahukan pengendara terhadap jarak dengan mobil lain, obyek, atau orang.

Pengereman Otomatis dan Pre-Crash
Volvo menghadirkan teknologi keselamatan yang disebut Collision Warning with Full Auto Brake (CWAB). Fitur terbaru ini akan mendeteksi posisi kendaraan di depan melalui radar dan sensor kamera, lalu akan memicu sistem pengereman secara otomatis, bila pengemudi tidak menyadari adanya potensi kecelakaan.

Jarak efektif dengan kendaraan lain yang bisa ditangkap radar dan kamera sekitar 150 m. Ketika jaraknya mendekat, sistem ini akan memberi peringatan kepada pengemudi. Bila pengemudi tidak merespon, maka CWAB secara otomatis akan mengerem kendaraan. XC60 juga mengaplikasi City Safety yang dilengkapi sensor laser. Sensor ini mampu memonitor berbagai obyek pada jarak lebih dari 10 meter dan apabila membaca adanya persimpangan dan kemacetan lalu-lintas di dalam kota, pesan sinyal akan disampaikan kepada komputer agar kecepatan XC60 dikurangi. Misalnya, di kecepatan di atas 15 kpj, komputer secara otomatis akan menekan rem 50% apabila terdapat kendaraan yang melaju pelan atau berhenti di depan dan tidak diketahui pengemudi.

Toyota juga memiliki teknologi yang hampir serupa dan dinamakan Front-side Pre-crash Safety System dan Pre-crash Seatback, yang dipakai Toyota Crown. Inovasi Toyota ini mampu memprediksi secara akurat skenario akan terjadinya tabrakan dengan menggunakan gelombang radar yang dipancarkan secara diagonal ke kanan dan ke kiri kendaraan. Hal ini untuk mendeteksi kendaraan yang melaju kencang dari persimpangan jalan.

Pre-Crash system juga mengendalikan banyak hal, seperti pengatur sandaran kursi dan sabuk pengaman penumpang depan dan belakang. Sistem ini juga akan menegakkan sandaran kursi agar airbag bisa memberikan perlindungan maksimal. Pre-Crash Intelligent Head restraint disiapkan untuk mengurangi risiko cidera leher akibat hentakan dari belakang.

Reduksi Emisi NOx
Mazda mencatatkan CX-7 sebagai mobil penumpang pertama di Jepang yang menggunakan Urea Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk mesin diesel. Tujuannya jelas, Mazda ingin mengubah persepsi bahwa SUV menjadi penghasil emisi gas buang terbesar. Melalui teknologi baru ini, pembakaran mesin MZR-CD 2.2L turbo diesel yang menghasilkan sisa Nitrous Oxide (NOx) akan dibersihkan melalui penyemprotan urea cair. Penggunaan sistem ini berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan menekan emisi CO2 (dari mesin bensin). Berkat teknologi SCR, CX-7 facelift bisa melenggang dengan sempurna untuk lolos dari regulasi emisi Euro5.

SCR dan urea cair ini disimpan di tempat khusus di belakang dengan tidak mengurangi ruang penumpang belakang. Untunglah mesin diesel CX-7 sudah rendah emisi sehingga tangki penyimpanan urea cair berukuran kecil. Urea cair ini merupakan zat kimia yang tidak berbahaya dan umum digunakan sebagai pelengkap pada pelembab kulit dan krim pelembut tangan.

Pengendali Pasokan Oksigen di Ruang Bakar
Selama ini pengaturan pasokan bahan bakar diatur seiring pijakan pedal akselerator, sehingga kendali pasokan oksigen diatur sesuai bukaan katup pada throttle di ujung saluran masuk atau besar kecilnya celah katup masuk. Gerakan buka-tutup katup ini memiliki durasi yang berlangsung konstan. Namun, gerakan konstan ini terkadang tidak sesuai kebutuhan mesin, karena pada saat tertentu mesin terbebani, yang membuatnya kehilangan daya optimum.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Fiat melakukan riset yang menghasilkan sebuah sistem yang dapat mengubah gerak katup dari konstan menjadi variabel atau sesuai kebutuhan. Fiat mulai memperkenalkan rancangan ini untuk pertama kalinya pada 1960 dan kini telah disempurnakan menjadi teknologi MultiAir. Prinsip kerjanya terkonsentrasi pada pergerakan katup pasokan masuk udara dalam mengatur jumlah udara ke ruang bakar. Dengan mengandalkan pergerakan piston dan camshaft yang akan mengerakan katup saat piston di posisi hisap (siklus 4-tak yang pertama), sebuah solenoid akan mengatur durasi katup masuk tersebut.

Sejauh ini, teknologi pengaturan buka-tutup katup sebenarnya telah banyak dikembangkan oleh manufaktur lain. Sebut saja, 4-valve technonolgy dari Mercedes atau VANOS (Variable Nockenwellen Steuerung) dan Valvetronic milik BMW. Dari ranah manufaktur Jepang, nama VVT-i (Variable Valve Timing) dari Toyota atau VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) kepunyaan Honda, serta MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system). Namun, kebanyakan teknologi itu memakai sistem elektronik sebagai kendali rangkaiannya, dengan menggunakan ECU terpisah serta aktuator yang disematkan pada ujung camshaft dan cara ini memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi. Hal inilah yang lantas disederhanakan Fiat dengan memanfaatkan oli mesin.

Berkat MultiAir, tenaga puncak mobil diklaim naik sekitar 10%. Tidak hanya itu, torsi pada putaran mesin rendah meningkat hingga 15% karena udara masuk lebih banyak. Kerugian mekanis akibat gesekan antar komponen mesin (pumping loss) juga berkurang hingga 10%, diikuti turunnya output emisi CO2. Dengan cara ini pula, konsumsi BBM terpangkas 25% dibanding mesin lain dengan kapasitas dan jumlah silinder sama, dan menekan emisi gas buang karbon monoksida 40% serta nitrogen oksida 60%. Rencananya, teknologi MultiAir ini diterapkan pada mesin 16-katup 1,4 liter milik Alfa Romeo MiTo di akhir 2009.

Pelacak Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda
BMW Group Research & Technology bekerjasama dengan beberapa institut riset di Jerman mengembangkan teknologi Car-2-X Communication. Teknologi ini diciptakan untuk menghindarkan mobil dari kemungkinan menabrak pejalan kaki atau pengendara sepeda yang berjalan di sela-sela mobil-mobil yang sedang terparkir. Pencegahan terjadinya insiden kecelakaan itu didapat melalui penerimaan data dan teknologi pelacakan, termasuk kerjasama sistem sensor antara kendaraan dan transponder yang hasilnya membuat pejalan kaki bisa teridentifikasi.

Proyek yang dalam bahasa Jerman disebut 'AMULETT' tersebut dibiayai Kementerian Negara Ekonomi, Infrastruktur, Transportasi, dan Teknologi Jerman selama tiga tahun. Dalam mengerjakannya, BMW menggandeng berbagai pihak seperti Continental Safety Engineering International GmbH, Fraunhofer Institute for Integrated Circuits, Institute for High Frequency Engineering at Munich’s Technical University, dan ZENTEC GmbH.

Sistem Car-2-X Communication menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) yang di masa depan akan terintegrasi dengan tas sekolah, telepon mobil, atau tongkat berjalan. Secara singkat cara kerjanya, mobil akan mengidentifikasi sinyal elektromagnet yang dipacarkan transponder pada frekuensi 2,4 GHz dan data tersebut diolah melalui tampilan visual, sehingga pengemudi mengetahui posisi pejalan kaki meskipun tidak terlihat.

Layar Terpisah (Splitview)
Mercedes-Benz memahami keinginan antara pengemudi dan penumpang depan yang berbeda dalam menikmati monitor yang terdapat pada kendaraan. Untuk itu, generasi S-class berikutnya akan memiliki fitur yang disebut Splitview Comand Display. Teknologi baru yang dibuat melalui kerjasama dengan Bosch ini menjadikan monitor pada dashboard dapat menampilkan tayangan berbeda, tergantung posisi pengemudi dan penumpang depan.

Misalnya, pengemudi menginginkan peta navigasi, sedangkan penumpang depan secara bersamaan menginginkan memutar film DVD favoritnya untuk menghilangkan kejenuhan saat berkendara, maka layar yang sama akan menampilkan dua tampilan berbeda. Layar bekerja dengan cara menyisipkan sebuah filter yang akan mengatur pixel di dalam LCD untuk menampilkan citra tertentu dari sudut pandang yang berbeda. Dengan demikian, pengemudi akan tetap berkonsentrasi terhadap navigasi agar tidak tersesat di jalan, sementara penumpang dapat menggunakan remote control untuk menikmati fasilitas hiburan dan headphone di telinganya.

Manajemen Lalu-Lintas
Sebuah cara baru untuk mengurangi kemacetan lalu-lintas diperkenalkan Audi melalui sistem barunya yang disebut Travolution. Perangkat lunak yang menghabiskan dana riset sekitar 1,2 juta Euro ini memungkinkan pemilik Audi mendapatkan informasi mengenai lampu lalu-lintas: kapan hijau atau merah. Dari informasi yang didapat itu, kendaraan dapat menghitung jarak dan menjaga kecepatan menjelang lampu lalu-lintas sehingga akan mengurangi kondisi 'start & stop' saat menunggu lampu merah.

Proyek Travolution itu mendapat dukungan dari departemen lalu-lintas kota Ingolstadt, Jerman, karena akan mengurangi durasi berhenti kendaraan, sehingga kemacetan lalu-lintas bisa dikurangi. Sistem kerjanya, modul komunikasi yang dipasang di lampu lalu-lintas akan mengirimkan informasi pada mobil mengenai kapan lampu hijau menyala. Sedangkan sistem komputer di kendaraan akan menghitung berapa kecepatan yang harus dilakukan pengemudi agar pada saat melintas di lampu lintas yang dituju dalam keadaan 'hijau'. Informasi divisualkan melalui menu multimedia interface di dalam kendaraan. Cara ini juga selain mengurangi frekuensi berhenti, dapat menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang CO2.

Airbag Penumpang Belakang
Pemasangan airbag untuk pengemudi dan penumpang depan sepertinya sudah umum diterapkan manufaktur. Namun, untuk penumpang belakang, sedikit sekali yang mencurahkan perhatiannya. Untuk mengakomodir keselamatan penumpang belakang, Toyota akhirnya menciptakan rear window curtain shield airbag pertama di dunia yang diaplikasi pada mobil kecil iQ.

Airbag ini menggunakan sistem Supplemental Restraint System (SRS) untuk melindungi bagian belakang kepala penumpang baris kedua, sehingga dapat meminimalkan risiko cedera serius saat terjadinya tabrakan dari belakang. Airbag ini akan mengembang dari bagian roof lining di atas jendela belakang dan membentuk tirai pelindung. Lebih jauh lagi, Toyota menambah airbag untuk penumpang belakang yang dipasang di konsol tengah kursi belakang (rear-seat center airbag), untuk mencegah cedera serius benturan sesama penumpang.

Eco-Driving
Teknologi hybrid memang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar, tetapi kemampuan itu dapat hilang bila gaya dalam mengemudi bersifat agresif. Untuk mensosialisasikan prinsip eco-driving, Honda melakukan terobosan dengan mengenalkan Ecological Drive Assist System (EDAS). Sistem ini bertujuan membantu pengemudi dalam menerapkan prinsip mengemudi eco-driving.

EDAS diaplikasi oleh mobil hybrid Insight. EDAS memiliki tiga fitur kunci dan yang pertama adalah mode ECON. Setelah menekan tombol ECON di dashboard, secara otomatis mode ini akan mengontrol kinerja mesin, fungsi transmisi (CVT), dan komponen powertrain lainnya agar lebih ekonomis. Di sini efektivitas mesin akan lebih maksimal dengan mengatur fungsi AC, memperpanjang jeda berhentinya mesin saat mobil berhenti, dan memaksimalkan kemampuan pengisian ulang baterai saat pengereman.

Fitur kedua adalah fungsi pembimbingan melalui indikator berwarna pada speedometer. Jika muncul warna hijau sebagai background, berarti Anda telah mengemudi secara efisien. Jika warna latarnya berubah biru, maka gaya mengemudi Anda membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Fitur terakhir adalah fitur penilaian. Setelah Anda berkendara, komputer akan menampilkan sebuah grafik pohon kecil di layar Multi Information Display (MID). Makin ekonomis cara mengemudi, maka makin banyak daun yang tumbuh di pohon tersebut. Terlebih bila mengemudi secara sempurna atau sangat ekonomis, maka tak hanya daun yang muncul tapi juga gambar bunga. Terakhir ketika kunci kontak dimatikan, MID akan memunculkan nilai yang dicapai pengemudi.

Kamis, 22 April 2010

Top 10 Mobil Tercepat di Dunia


Sepuluh mobil tercepat di dunia dari berbagai sumber. Mobil-mobil ini mempunyai kecepatan lebih dari 300 Km per jam. Mobil-mobil ini adalah mobil produksi yang dapat dipakai di jalan umum dan bukan khusus untuk arena balap. Umumnya di produksi dengan jumlah yang sangat terbatas. Beberapa mobil ini memang sudah ada di Indonesia.

1.SSC Ultimate Aero: 257 mph (411 Km), 0-60 dalam 2.7 detik. Twin-Turbo V8 dengan 1183 Hp. Buatan USA, Shelby Super Cars. Harga jual $654,000.
2.Bugatti Veyron: 253 mph (404 Km), 0-60 dalam 2.5 detik. Aluminum, Mesin W16 dengan 1001 hp. Buatan Perancis. Group VW. Harga jual $1,444,000.
3. Koenigsegg CCX: 250 mph+ (400 Km), 0-60 dalam 3.2 detik. Mesin 90 Degree V8 806 hp. Buatan Swedia, harga jual $695,000.
4.Saleen S7 Twin-Turbo: 248 mph+(396 Km), 0-60 dalam 3.2 detik. Mesin Twin Turbo Aluminum V8 dengan 750 hp. Buatan USA, harga jual $555,000.
5.McLaren F1: 240 mph+ (384 Km), 0-60 dalam 3.2 detik. Mesin BMW S70/2 60 Degree V12 dengan 627 hp. Buatan Jerman dan Inggris, harga jual $970,000.
6.Ferrari Enzo: 217 mph+ (347 Km), 0-60 dalam 3.4 detik. Mesin F140 Aluminum V12 dengan 660 hp, buatan Italy, harga jual $670,000.
7.Jaguar XJ220: 217 mph+ (347.2 Km), 0-60 dalam 4.0 detik. Mesin Twin Turbo V6 dengan 542 hp, buatan Inggris, tahun 1992, harga jual $345,000.
8.Pagani Zonda F: 215 mph+ (344 Km), 0-60 dalam 3.5 detik. Mesin Mercedes Benz M180 V12 dengan 650 hp, buatan Italy, harga jual $741,000.
9.Lamborghini Murcielago LP640: 213 mph+ (340.8 km), 0-60 dalam 3.3 detik. Mesin V12 dengan 640 hp, buatan Italy, harga jual $430,000.
10. Porsche Carrera GT: 209 mph+ (334.4 Km), 0-60 dalam 3.9 detik. Aluminum, 68 Degree, Mesin V10 dengan 612 hp, buatan Jerman, harga jual $440,000.




Tren Teknologi Euro6: Injektor Generasi Piezo dan Magnetik




KOMPAS.com – Makin ketatnya regulasi emisi standar pada mobil yang akan dipasarkan nanti, adalah upaya pemerintah untuk menurunkan emisi gas buang. Maklum, efek rumah kaca atau pemanasan global makin mengkhawatirkan. Di samping itu, juga mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Berbagai cara telah ditempuh. Termasuk membuat mobil hibrida dan listrik. Namun pelaksanaan tidak mudah karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Kalau mobil menggunakan tenaga listrik, bisa dibayangkan pabrik mesin, pengecoran logam akan berhenti berproduksi. Pada industri tersebut menghidupi banyak manusia di muka bumi ini. Jumlahnya sangat banyak. Sebagainya acuan, tahun lalu saja, jumlah mobil (tidak termasuk sepeda motor), yang diproduksi mencapai 51 juta unit. Jadi, unsur ekonomi juga sangat kuat.

Karena itu, dalam masa transisi me
nuju elektrifikasi, para insinyur otomotif tetap melakukan pengembangan pada komponen mesin sekarang.

Injektor Piezo

Menyosong pelaksanaan regulasi Euro6, salah satu cara yang dilakukan produsen mobil – bekerjasama dengan pemasok – adalah merekayasa komponen yang membuat kerja mesin semakin efisien. Komponen penting mesin masa kini yang menentukan efisiensi kerja mesin adalah injektor, baik untuk diesel maupun bensin.

Untuk mesin diesel, diperkenalkan generasi terkini nosel Injeksi piezoelektrik. Elemen piezo bekerja langsung pada jarum nosel tanpa memerlukan
sistem hidraulik perantara. Dengan cara ini derajat dan lama injektor membuka (bekerja) dapat dikontrol lebih akurat.
Dengan cara demikian, ada pilihan baru. Saat ini hanya digunakan injeksi multiple yang masih membutuhkan beerapa komponen mekanis. Dengan injektor terbaru, aktuator piezo juga belerka sebagai sensor yang melaporkan posisi jarum nosel secara presisi kepada komputer mesin.

Hasilnya, sistem akan mengontrol sendiri aliran bahan bakarnya. Komputer mesin, selain mengontrol kendaraan, juga bisa mendeteksi setiap perubahan aliran bahan bakar pada injektor. Hebatnya lagi, komputer bisa mengatur injektor secara individual (sendiri-sendiri).

Hasilnya, emisi nitrogen oksida (NOx) bisa diturunkan. Konsumsi bahan bakar juga jadi lebih lebih irit. Penurunan emisi nitrogen oksida mencapai standar Euro6, yaitu 80 mg/km, dari sebelumnya Euro5, 180 mg/km.

Pengembangan terhadap
desain hidraulik injektor juga mampu mengoptimalkan kerja mesin. Hal tersebut telah dibuktikan oleh berjuta-juta sistem piezo common rail yang digunakan saat ini. Pada injektor piezo sekarang, bahan bakar yang kembali ke tangki bisa diturunkan sampai 40 persen.

Hasilnya, emisi CO2 pada mobil penumpang yang menggunakan diesel dapat dikurang satu gram per km. Hasil positif lain, untuk memasok bahan bakar bisa menggunakan pompa bertekanan lebih rendah. Hal ini ikut mengurangi biaya komponen.

Injektor Magnetik
Untuk mesin bensin yang makin
gencar menggunakan sistem injeksi lansung, injektor generasi terbaru bekerja secara magnetik. Menurut Continental, mereka berhasil mengembang injektor generasi XL3 baru yang mampu meminimumkan volume injeksi. Ini merupakan opsi baru dari sistem yang sudah digunakan, yaitu injeksi multiple atau juga dikenal sebagai injeksi bertahap (stratified).

Hasilnya adalah pembakaran yang lebih efisien, konsumsi bahan bakar makin dan target utama emisi gas CO2 semakin rendah plus harga harga komponen makin terjangkau. (Bersambung)

MOBIL VW TERMURAH DI DUNIA & TERHEMAT DI DUNIA




MOBIL SEHARGA RP 5,6 JUTA DARI CHINA SEGERA MASUK KE PASARAN

Ini akan menghantam semua jenis mobil dengan konsumsi bahan bakar terendah didunia!















MOBIL BARU HARGANYA Rp 5,6 JUTA --- Mobil VW satu penumpang yang merupakan Mobil jenis baru.
Jika Anda berlibur pergi ke Shanghai, bisa membeli dua atau lebih mobil
ini,satu untuk istri dan satu untuk Anda sendiri, dan masing-masing anak diberi satu, kemudian mobil-mobil itu dikapalkan ke Kanada, maka semua
biayanya masih lebih murah dibandingkan jika anda membeli sebuah mobil baru di Kanada. Tapi untuk pengiriman ke Amerika mungkin masih susah. Ini bukan mobil mainan atau mobil percobaan. Ini adalah mobil satu penumpang dengan desain terbaru dalam bentuk lonjong aerodinamis yang benar-benar bisa dikendarai di jalan raya. Mobil ini siap dipasarkan sebagai mobil satu penumpang di Shanghai tahun 2010 dengan harga sekitar RMB 4,000 (US$600/Rp.5,6juta)!

















Tertarik? Tunggu sampai Anda mengetahui bahwa mobil ini bisa melaju
dijalan raya dengan kecepatan 100-120 Km/jam dengan konsumsi bahan
bakar yang fantastis 110 km/liter (258 miles/gallon)!
















Terkesan? Pasti, setelah Anda membaca semua detail di bawah tentang teknologi tinggi dan bahan masa depan yang dipakai di mobil ini!
Mobil paling ekonomis di dunia siap dipasarkan tahun ini.
Lebih baik dari mobil listrik - 110 km/liter (258 miles/gallon) : IPO 2010 di Shanghai

















Mobil ini adalah mobil satu penumpang Waktu yang diperlukan untuk konsep produksi: 3 tahun. Kantor pusat perusahaan di Hamburg, Jerman.
Akan dijual dengan harga 4000 yuan, atau sama dengan US$600 (Rp. 5,6juta)

Kapasitas tangki bensin = 6,5 liter
Kecepatan = 100 - 120 km/jam
Efisiensi bahan bakar = 110 km/liter
Jarak tempuh dengan tangki penuh = 650 kilometer

Lorenzo Makin Dewasa



Setelah menceburkan diri ke kolam di Sirkuit Jerez setelah menang di GP Spanyol, kali ini Jorge Lorenzo melakukan selebrasi duduk di depan giant screen setelah meraih kemenangan di GP Prancis, Ahad (23/5).
Kemenangan Lorenzo di Sirkuit Le Mans memang terasa istimewa. Le Mans sendiri adalah sirkuit yang bersahabat baginya karena musim lalu ia menang dengan margin hingga 17 detik. Menang beruntun, di Jerez dan Le Mans, adalah yang pertama baginya di kelas Motogp. Selain itu, bagi pabrikan yang dibelanya, Yamaha, kemenangan di tiga seri perdana sebuah musim adalah yang pertama sejak musim 1980.
Kunci sukses penampilan brilian yang ditunjukkannya di Jerez dan Le Mans adalah pendekatan yang diakuinya lebih dewasa yang dilakukannya di musim 2010 ini. Ia mengaku kini tampil lebih tenang dan fokus sehingga mampu meraih hasil yang bagus di semua seri. Ini ditunjukkan dengan sangat sempurna di mana ia tidak terburu-buru menyusul Valentino Rossi yang sejak awal memimpin lomba.
"Jika ini terjadi empat atau tiga tahun lalu, mungkin saya sudah melakukan banyak hal gila. Sekarang saya merasa sangat percaya diri dan sekarang saya bisa lebih kalem dan lebih baik saat di atas motor. Hari ini adalah buktinya. Saya berusaha sabar, saya paham Valentino akan menginjak rem sangat terlambat, jadi saya menunggu ia melakukan kesalahan. Ia tidak akan melakukan banyak kesalahan, jadi saya tunggu saja dan berusaha keluar tikungan sedekat mungkin dengannya. Saat saya berhasil, ternyata lebih mudah dari yang saya bayangkan," sebut Lorenzo di konferensi pers pasca lomba.
Lorenzo memang sempat berhasil menyusul Vale di lap 8. Tapi percobaan pertamanya itu berhasil digagalkan kembali oleh Vale yang kembali merebut posisi terdepan. Setelah itu, Lorenzo menunggu hingga dua lap sebelum kembali menyerang Vale. Kali ini Vale tidak bisa memberikan respon yang sama dan melepas Lorenzo meraih posisi terdepan. Setelah berada di posisi terdepan, pemegang nomor 99 itu tak tertahan untuk melaju dan meraih kemenangan.
Lorenzo pun kini memimpin sembilan angka dari Vale setelah musim 2010 menyelesaikan tiga seri awal. Bagi Lorenzo, di setiap musim, khususnya di Motogp, adalah sangat penting untuk selalu finis. Karena dengan finis, pembalap tidak akan kehilangan angka.
"Saya pikir peluang Casey Stoner mulai meredup. Di Motogp, sangat penting untuk tidak terjatuh dan finis di semua lomba. Casey sangat cepat dan agresif, tapi ia terjatuh dua kali dalam tiga seri. Tentunya ia perlu menang lebih banyak lomba untuk mengembalikan angka yang hilang. Untuk saat ini, saya dan Valentino punya daya tahan untuk hal tersebut untuk saat ini," katanya.
Hasil Lomba
GP Prancis

Pos  Rider             Team                 Time/Gap
 1.  Jorge Lorenzo     Yamaha             44m29.114s
 2.  Valentino Rossi   Yamaha               + 5.672s
 3.  Andrea Dovizioso  Honda                + 7.872s
 4.  Nicky Hayden      Ducati               + 9.346s
 5.  Dani Pedrosa      Honda               + 12.613s
 6.  Marco Melandri    Gresini Honda       + 21.918s
 7.  Randy de Puniet   LCR Honda           + 29.288s
 8.  Hector Barbera    Aspar Ducati        + 33.128s
 9.  Aleix Espargaro   Pramac Ducati       + 33.493s
10.  Marco Simoncelli  Gresini Honda       + 33.805s
11.  Hiroshi Aoyama    Interwetten Honda   + 34.346s
12.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha       + 37.123s
13.  Mika Kallio       Pramac Ducati       + 55.061s















TRIK MENGHEMAT BAHAN BAKAR



Semakin hari harga bahan bakar semakin naik, sementara kita tidak mungkin lepas dari yang namanya
transportasi, untuk itu kita harus pandai pandai dalam menggunakan kendaraan sehingga konsumsi bahan
bakar tidak menggerogoti kantong kita terus menerus dan bahan bakar tidak akan menjadi alasan
kita tidak menggunakan kendaraan.
Dengan alasan harganya yang makin mahal (sekarang 7700/liter), saya coba beberapa hal yang sepertinya bisa menghemat bbm, beberapa saya ambil dari buku manual Picanto dan lainnya dari internet. Ini diantaranya:
  • Tidak perlu memanaskan mesin terlalu lama, karena pada prinsipnya pemanasan mesin hanya dibutuhkan untuk mensirkulasikan minyak pelumas ke seluruh bagian mesin. Jadi dengan dinyalakan 10-20 detik sebelum digunakan sudah cukup , karena dalam waktu itu minyak sudah bersirkulasi dan panas mesin telah mencapai suhu kerja.
  • Jaga RPM optimum. Ada yang bilang RPM harus dibuat rendah, gunakan gigi setinggi mungkin. Ini asumsi yang kadang salah. Untuk kondisi dalam kota yang padat apalagi daerah yang banyak naik-turun, memaksa mobil dengan RPM rendah justru membuat konsumsi bbm lebih boros dan membebani mesin. Jadi jangan terlalu tinggi RPM-nya (“over-rev”) tapi juga jangan terlalu rendah (“lug”). Caranya? ya dengan perasaan. Ada yang bilang jaga di RPM max torque atau max HP/2. Saya coba ini dan memang nyaman. Picanto max torque-nya di 2800. Pada RPM ini pedal gas ringan ditekan dan kalau terpaksa agak mengerem, bisa kembali ke RPM ini lagi tanpa perlu tekan gas terlalu banyak. Pada RPM 2800, gigi 3, kecepatan Picanto sekitar 60kph; gigi 2 sekitar 40 kph. Jadi saya paling sering menggunakan gigi 2. –update 28 mei 08 — Dari artikel tentang pemenang lomba irit picanto, menurut dia RPM harus dijaga antara 2000 sd 2500 –
  • Kalau jalan turun, jangan terlalu banyak menggunakan rem. Saya sering melihat mobil yang saat jalan turun lampu rem-nya nyala terus. Untuk tip ini saya tidak begitu mengerti mengapa bisa membuat bensin boros. Tapi yang jelas pasti membuat rem cepat aus
  • Kalau ada kendaraan yang agresif di belakang, segera beri jalan. Kadang-kadang jika ini terjadi saya malah reflek menambah kecepatan (instinct mungkin?).  Daripada kejar-kejaran lebih baik mengalah, bensin irit, tekanan darah tidak naik
  • Nah yang lain sih nasehat standard: tekanan ban, menyetir jangan grasak-grusuk (harus smooth), kurangi beban mobil (lebih bagus dan sehat lagi kurangi berat badan penumpang dan sopir hehe), rawat mobil secara teratur (oli, spooring+balancing, air filter), jangan ngebut, persiapkan perjalanan.
Hasilnya lumayan, selama ini  1:10-12 untuk jalan non tol. Sepertinya bisa lebih bagus lagi setelah service 1000 km (ganti oli+dibersihkan). Lagipula kemarin ban saya terlalu kempes. stabil dikisaran 1:11.5 (non tol),  berikutnya sedang mencoba menjaga RPM dikisaran 2500 (30 kph atau 50 kph), AC dimatikan menjelang sampai ke tujuan atau kalau tidak terlalu panas. Soalnya harga pertamax sudah mencapai 9800! –
Dapat dikatakan biaya bbm saya tidak berubah dibandingkan Katana dulu yang menggunakan premium. Tapi bisa juga sih karena kondisi Katana-nya sudah parah sehingga super boros.
BTW hal yang paling susah dirubah adalah menyetir dengan halus. Sering timbul perasaan ingin cepat sampai. Saya ingat nasihat dari teman saya: “nyetir itu harus dinikmati”. Biasanya saya jadi menarik nafas panjang lalu menyalakan musik.. “ya kucoba

MOTOR STARTER

Sebuah motor bakar tidak dapat hidup dengan sendirinya, maka motor tersebut memerlukan tenaga dari luar untuk memutarkan poros engkol pertama kali (start) untuk membantu menghidupkannya. Sistem starter sebagai penggerak mula dapat digolongkan antara lain :
·         Starter tangan, digunakan pada motor-motor kecil atau genset kecil.
·         Starter kaki, digunakan pada sepeda motor.
·         Starter listrik, digunakan pada sepeda motor, mobil.
·         Starter udara tekan, digunakan pada motor-motor diesel berukuran besar.
Dari beberapa cara Start yang ada, umumnya dipergunakan stater listrik sebagai penggerak mula pada motor mobil. Motor starter harus dapat menghasilkan momen yang besar dari tenaga baterai.yang kecil,
Hal lain yang harus diperhatikan ialah bahwa Motor starter harus kecil, ringkas ,maka digunakan motor seri DC (arus searah). Penggunaan motor seri ini terutama karena motor tersebut dapat membangkitkan torsi awal yang besar sehingga dengan mudah mampu mengatasi hambatan yang timbul akibat gesekan bagian-bagian mekanisme motor, hambatan akibat tekanan kompresi dan hambatan karena belum berfungsinya sistem pelumasan pada saat start dingin.
Untuk dapat menghidupkan motor diperlukan putaran minimum yang cukup jika kebutuhan putaran minimum tidak tercapai maka motor akan gagal start (tidak dapat dihidupkan).
Secara umum putaran minimum yang diperlukan agar proses pembakaran dalam motor mobil dapat berlangsung adalah :
Motor bensin
Motor diesel injeksi langsung
Motor diesel injeksi tidak langsung
60-90 Rpm
80-120 Rpm
60-140 Rpm



Mengubah Pabas Knalpot Menjadi Energi Listrik



KOMPAS.com – General Motors dengan bantuan dana dari Pemerintah Amerika Serikat, kini gencarkan mengembangkan teknologi otomotif agar konsumsi bahan bakar makin efiensi. Salah satu teknologi yang masih dalam penelitian dan diharapkan bisa digunakan secara komersial adalah mengubah panas knalpot menjadi listrik.

Selanjutnya, energi tersebut bisa disimpan atau digunakan langsung buat mobil hibrida. Bahkan pada mobil yang masih menggunakan mesin konvensional atau motor bakar, langsung digunakan sebagai sumber tenaga untuk mengoperasikan audio, AC dan peralatan lainnya.



Saat ini panas mesin yang terbuang melalui knalpot dibiarkan begitu saja dan belum banyak dimanfaatkan. Cara yang dianggap paling praktis dan memungkinkan diproduksi secara komersial adalah mengubahnya menjadi energi listrik.

Metode yang dilakukan adalah menggunakan logam campuran (alloy) yang diberi nama “shape memory alloy” (SMA). Diharapkan, konsep ini segera menuju ke tahap prototipe yang bisa menghasilkan listrik.

Bagaimana logam tersebut bisa mengubah panas menjadi listrik? “Ketika SMA berbentuk kabel dipanaskan, terjadi pemuaian. Saat dingin (dinginkan dengan tiuapan udara), kekakuan kabel berkurang dan kembali ke bentuk semula,” jelas Jan Aase, Direktur Laboratorium Riset Pengembangan Kendaraan GM. “Selanjutnya gulungan kabel yang berubah-ubah secara fisik tersebut digunakan menggerakkan generator listrik dan dapat dimanfaatkan buat mengisi baterai,” tambah Jan.

Dijelaskan pula, tenaga listrik yang dihasilkan, bisa digunakan sebagai sumber penggerak mobil hibrida. Bahkan untuk mesin konvensional - motor bakar - digunakan sebagai pengganti alternator. Dengan demikian, untuk memperoleh listrik tidak perlu lagi membebankan tenaga yang dihasilkan mesin.
 
Blogger Templates